Tuesday, December 24, 2013

Bahaya Penyakit Angin Duduk

Assalamualaikum Wr,Wb

Penyakit Angin Duduk



Angin duduk. Nama penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika ada seseorang yang awalnya baik-baik saja kemudian mengeluh sakit di bagian dada dan kemudian meninggal, orang sering menyebut bahwa ini akibat penyakit angin duduk. Apa sih sebenarnya penyakit ini? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

Sebenarnya yang dimaksud dengan angin duduk itu adalah sebuah bentuk penyakit jantung yang disebut dengan Angina Pectoris. Angina Pectoris berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘dada yang ditekan’, yang ditandai dengan ketidaknyamanan di daerah dada yang terjadi ketika suplai oksigen darah ke area jantung berkurang.

Apa Itu Angina & Apa Gejalanya?
Angina sendiri didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke jantung. Angina merupakan gejala paling umum dari penyakit jantung yang berupa nyeri dada. Angina biasanya dirasakan sebagai ketidaknyamanan, perasaan berat, tekanan, sakit, panas seperti terbakar, rasa seperti diremas, ataupun nyeri di seluruh dada, terutama di belakang tulang dada. Angina memang biasanya dirasakan di area dada, namun nyeri ini juga kadang menyebar ke leher, rahang, lengan, punggung, atau bahkan gigi.

Apa Penyebab Angina?
Berkurangnya aliran darah ke jantung membuat suplai oksigen dan nutrisi penting ke otot jantung pun terhambat. Ketika ini terjadi, otot jantung harus menggunakan bahan bakar alternatif, namun dalam bentuk yang kurang efisien, agar jantung tetap dapat melakukan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, hasil sampingan dari penggunaan energi alternatif ini, yaitu asam laktat, akan terbentuk di otot jantung dan menyebabkan rasa sakit. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati angina bekerja dengan cara menghambat penggunaan sumber energi ini.


Cara Mengatasi Penyakit Angin Duduk

Solusi untuk menangani angin duduk yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat utk mengantisipasi ketidak seimbangan supplai oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis. Oleh karena itu disarankan untuk selalu membawa obat anti platelet. Obat anti platelet banyak didapatkan di apotek, ini berguna sebagai pertolongan pertama jika terjadi rasa sakit atau nyeri di dada yang berguna melonggarkan kembali pembuluh darah yg tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).


Jika terjadi rasa nyeri di dada, sebaiknya untuk tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk berhubungan sama istri. Segeralah untuk pergi kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan dibiarkan sampai melewati batas 15 menit.

Bisa juga sedia pil CEDOCARD, murah harganya, sediakan sekitar 2-6 butir, selipkan di dompet, dibawa kemana pun pergi. Cara pake nya jangan ditelan, tapi dimasuk kan ke bawah lidah, dibiarkan mencair dibawah lidah. Cara kerjanya: Pil cedocard akan mencair jadi larutan yg mudah diserap pembuluh darah dibawah lidah, berfungsi menimbulkan pelebaran pembuluh darah di kepala, terutama kearah otak, sehingga otak tetap mendapat supply darah dan oksigen yg cukup, jika jantung mengalami gangguan. Sementara itu selekasnya penderita di bawa ke RS Gawat Darurat utk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner (angin duduk), Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. "Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormon adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi"

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan. Pasalnya, dalam marah-marah (Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang samapi tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah, bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa merengang nyawa.

Demikianlah pengertian dan juga cara mengatasi Penyakit Angin Duduk, tetaplah menjaga kondisi kesehatan anda karena penyakit ini bisa menyerang siapapun juga.
Wassalamualaikum Wr,Wb
Sumber : http://www.duniafitness.com
              http://www.infokesehatan101.blogspot.com

No comments:

Post a Comment