Hallo para pembaca setia kali ini saya akan memposting sesuatu tentang Teknologi Terbaru nihh yaitu Augmented Reality. Uda pada tau belum apa itu Augmented Reality?? Oke langsung aja kita telaah lebih dalam lagi cekidottt !!!
Augmented reality (AR)
adalah hidup, langsung atau tidak langsung, pandangan fisik, lingkungan dunia
nyata yang unsur-unsurnya ditambah (atau dilengkapi) oleh masukan sensorik yang
dihasilkan komputer seperti suara, video, grafik atau data GPS. Hal ini terkait
dengan konsep yang lebih umum disebut realitas dimediasi, di mana pandangan
realitas dimodifikasi (bahkan mungkin berkurang daripada ditambah) oleh
komputer. Akibatnya, fungsi teknologi dengan meningkatkan persepsi seseorang
saat realitas [Sebaliknya, virtual reality menggantikan. Dunia nyata dengan
simulasi satu. Augmentation adalah konvensional secara real-time dan dalam
konteks semantik dengan unsur-unsur lingkungan, seperti skor olahraga di TV
selama pertandingan. Dengan bantuan teknologi canggih AR (misalnya menambahkan
visi komputer dan pengenalan obyek) informasi tentang seputar dunia nyata dari
pengguna menjadi interaktif dan digital dimanipulasi. Informasi Buatan tentang
lingkungan dan benda-benda yang dapat dilakukan overlay pada dunia nyata....
Teknologi
Hardware (Perangkat Keras)
Komponen perangkat keras untuk augmented reality
adalah: prosesor, display, sensor dan perangkat input. Perangkat komputasi
mobile modern seperti smartphone dan komputer tablet mengandung unsur-unsur ini
yang sering termasuk kamera dan sensor MEMS seperti accelerometer, GPS, dan kompas
solid state, membuat mereka platform AR yang cocok
Display (Tampilan)
Berbagai teknologi yang digunakan dalam render
Augmented Reality termasuk sistem proyeksi optik, monitor, perangkat tangan
memegang, dan sistem display dikenakan pada orang seseorang.
Head-mounted (Kepala Mount
Seorang kepala-mount display (HMD) merupakan
perangkat layar dipasangkan dengan headset seperti harness atau helm. HMDS
tempat gambar dari kedua dunia fisik dan benda-benda virtual di atas lapangan
pengguna pandang. HMDS modern sering menggunakan sensor untuk enam derajat
kebebasan yang memungkinkan monitoring sistem untuk menyelaraskan informasi
virtual ke dunia fisik dan menyesuaikan sesuai dengan gerakan kepala pengguna.
HMDS dapat memberikan immersive, mobile dan kolaboratif pengalaman AR pengguna.
· Eyeglasses (Kacamata)
AR display dapat diberikan pada perangkat menyerupai
kacamata . Versi termasuk memakai mata yang mempekerjakan kamera untuk mencegat
pandangan dunia nyata dan re - menampilkan pandangannya ditambah melalui
potongan mata dan perangkat di mana citra AR diproyeksikan melalui atau
terpantul di permukaan lensa memakai eye pieces.Google Kaca tidak dimaksudkan
untuk pengalaman AR , tapi pengembang pihak ketiga yang mendorong perangkat ke
arah pengalaman utama AR . Setelah debut Google Glass, banyak perangkat AR lain
, alternatif Google Glass, muncul . Paling menjanjikan Google Alternatif dapat
terdaftar sebagai Vuzix M100 , Optinvent , Meta Ruang Glasses , Telepati ,
Recon Jet , Kaca Up . CrowdOptic , sebuah aplikasi yang sudah ada untuk
smartphone , menerapkan algoritma dan teknik triangulasi untuk metadata foto
termasuk posisi GPS , kompas pos , dan cap waktu untuk sampai pada nilai
signifikansi relatif untuk objek foto . [ 28 ] teknologi CrowdOptic dapat digunakan
oleh pengguna Google Kaca untuk belajar di mana untuk melihat suatu titik waktu
tertentu .
Contact lenses (Kontak Lensa)
Lensa
kontak yang menampilkan AR pencitraan dalam pembangunan. Lensa kontak bionik
ini mungkin mengandung unsur-unsur untuk tampilan tertanam ke lensa termasuk
sirkuit terpadu, LED dan antena untuk versi communication.Another nirkabel
lensa kontak, dalam pembangunan untuk Militer AS, dirancang untuk berfungsi
dengan AR kacamata, yang memungkinkan tentara untuk fokus pada close-to-the-mata
gambar AR pada kacamata dan jauh benda dunia nyata pada waktu yang sama. Pada
2013, di Augmented World Expo Conference, video futuristik bernama Penglihatan
menampilkan potensi memiliki augmented reality melalui lensa kontak menerima
terbaik futuristik ditambah penghargaan video yang realitas.
APLIKASI
- Archaelogy (Arkaelog)
AR dapat digunakan
untuk membantu penelitian arkeologi, dengan menambah fitur arkeologi ke lanskap
modern, memungkinkan para arkeolog untuk merumuskan kesimpulan tentang
penempatan situs dan konfigurasi.Aplikasi lain diberikan kepada AR dalam bidang
ini adalah kemungkinan bagi pengguna untuk membangun kembali reruntuhan,
gedung, atau bahkan lanskap karena mereka dulunya pernah ada.
- Architecture (Arsitektur)
AR dapat membantu dalam
memvisualisasikan proyek bangunan. Gambar komputer yang dihasilkan dari
struktur dapat ditumpangkan ke dalam kehidupan nyata pandangan lokal properti
sebelum bangunan fisik dibangun di sana. AR juga dapat digunakan dalam ruang
kerja seorang arsitek, render ke dalam pandangan mereka animasi visualisasi 3D
dari gambar 2D mereka. Arsitektur melihat-lihat dapat ditingkatkan dengan
aplikasi AR yang memungkinkan pengguna melihat sebuah bangunan eksterior untuk
hampir melihat melalui dinding, melihat benda-benda dan tata letak interior.
- Art (Seni)
Teknologi AR telah
membantu individu cacat menciptakan seni dengan menggunakan pelacakan mata
untuk menerjemahkan gerakan mata pengguna ke dalam gambar pada layar. Item
seperti koin peringatan dapat dirancang sehingga ketika dipindai oleh perangkat
AR-enabled ini akan menampilkan benda-benda tambahan dan lapisan informasi yang
tidak terlihat dalam pandangan dunia nyata itu. Pada 2013, L'Oreal menggunakan
teknologi CrowdOptic untuk membuat augmented reality di Luminato Festival
tahunan ketujuh di Toronto, Kanada.
- Education (Pendidikan)
Aplikasi augmented
reality dapat melengkapi kurikulum standar. Teks, grafik , video dan audio
dapat ditumpangkan ke dalam lingkungan waktu nyata siswa . Buku teks ,
flashcards dan bahan bacaan pendidikan lainnya dapat berisi tertanam "
penanda " yang , ketika dipindai oleh perangkat AR , menghasilkan
informasi tambahan kepada siswa diberikan dalam format multimedia . Siswa dapat
berpartisipasi secara interaktif dengan komputer yang dihasilkan simulasi dari
peristiwa sejarah , mengeksplorasi dan belajar rincian dari setiap daerah yang
signifikan dari situs acara . AR dapat membantu siswa dalam memahami kimia
dengan memungkinkan mereka untuk memvisualisasikan struktur spasial molekul dan
berinteraksi dengan model virtual itu yang muncul , dalam gambar kamera ,
diposisikan pada penanda diadakan di tangan mereka . Teknologi augmented
reality juga memungkinkan pembelajaran melalui kolaborasi jarak jauh , di mana
siswa dan instruktur tidak pada lokasi fisik yang sama dapat berbagi lingkungan
belajar virtual umum dihuni oleh benda-benda virtual dan bahan pembelajaran dan
berinteraksi dengan yang lain dalam pengaturan itu.
- Industrial Design (Industri Desain)
AR dapat membantu
desainer industri mengalami desain produk dan operasi sebelum selesai.
Volkswagen menggunakan AR untuk membandingkan citra crash test dihitung dan
aktual. AR dapat digunakan untuk memvisualisasikan dan memodifikasi struktur
bodi mobil dan tata letak mesin. AR juga dapat digunakan untuk membandingkan
digital mock-up dengan fisik mock-up untuk menemukan perbedaan antara mereka.
- Military (Militer)
Dalam pertempuran, AR
dapat berfungsi sebagai sistem komunikasi jaringan yang membuat data yang
berguna medan perang ke kacamata seorang prajurit secara real time. Dari sudut
pandang prajurit, orang-orang dan berbagai benda dapat ditandai dengan
indikator khusus untuk memperingatkan potensi bahaya. Peta Virtual dan 360 °
pandangan pencitraan kamera juga dapat diberikan untuk membantu navigasi dan
medan pandang seorang prajurit, dan ini dapat ditularkan kepada para pemimpin
militer di sebuah pusat komando jarak jauh.
- Navigation (Navigasi)
AR dapat meningkatkan
efektivitas perangkat navigasi. Informasi dapat ditampilkan pada kaca depan mobil
yang menunjukkan arah tujuan dan meter, cuaca, medan, kondisi jalan dan lalu
lintas informasi serta peringatan ke potensi bahaya di jalan mereka. Kapal
kapal maritim, AR dapat memungkinkan jembatan menonton-standers untuk terus
memantau informasi penting seperti pos dan kecepatan kapal saat bergerak
sepanjang jembatan atau melakukan tugas-tugas lainnya.
- Sports and Entertainment (Olahraga dan
Hiburan)
AR telah menjadi umum
dalam olahraga siaran televisi . Olahraga dan tempat hiburan disediakan dengan
tembus dan augmentasi overlay melalui kamera dilacak feed untuk ditingkatkan
melihat oleh penonton . Contohnya termasuk kuning " down pertama "
garis terlihat di siaran televisi pertandingan sepak bola Amerika yang
menunjukkan garis tim ofensif harus menyeberang untuk menerima down pertama .
AR juga digunakan dalam hubungan dengan sepak bola dan acara olahraga lainnya
untuk menunjukkan iklan komersial dilapisi ke pandangan area bermain . Bagian
bidang rugby dan cricket pitches juga menampilkan gambar yang disponsori .
Kolam tayang sering menambahkan garis di jalur untuk menunjukkan posisi
pemegang rekor saat ini sebagai ras hasil untuk memungkinkan pemirsa untuk
membandingkan ras saat ini untuk kinerja terbaik . Contoh lain termasuk hoki
pelacakan keping dan penjelasan kinerja mobil balap dan snooker bola lintasan .
AR dapat meningkatkan
konser dan teater . Misalnya, seniman dapat memungkinkan pendengar untuk
meningkatkan pengalaman mendengarkan mereka dengan menambahkan kinerja mereka
dengan band lain / kelompok pengguna .
Industri game telah
mendapat banyak manfaat dari perkembangan teknologi ini . Sejumlah game telah
dikembangkan untuk lingkungan dalam ruangan siap . Game AR awal juga mencakup
AR hoki udara , pertempuran kolaboratif melawan musuh virtual, dan AR -
disempurnakan game pool . Sejumlah besar game menggabungkan AR di dalamnya dan
pengenalan smartphone telah membuat dampak yang lebih besar .
- Television (Televisi)
Visualisasi cuaca
adalah aplikasi pertama dari Augmented Reality televisi . Kini menjadi umum di
weathercasting untuk menampilkan motion video penuh foto yang diambil secara
real -time dari beberapa kamera dan perangkat pencitraan lainnya . Ditambah
dengan simbol grafis 3D dan dipetakan ke model geospace virtual umum ,
visualisasi animasi merupakan aplikasi yang benar pertama AR ke TV .
Augmented reality juga
telah menjadi umum dalam olahraga siaran televisi . Olahraga dan tempat hiburan
disediakan dengan tembus dan augmentasi overlay melalui kamera dilacak feed
untuk ditingkatkan melihat oleh penonton . Contohnya termasuk kuning "
down pertama " garis terlihat di siaran televisi pertandingan sepak bola
Amerika yang menunjukkan garis tim ofensif harus menyeberang untuk menerima
down pertama . AR juga digunakan dalam hubungan dengan sepak bola dan acara
olahraga lainnya untuk menunjukkan iklan komersial dilapisi ke pandangan area
bermain . Bagian bidang rugby dan cricket pitches juga menampilkan gambar yang
disponsori . Kolam tayang sering menambahkan garis di jalur untuk menunjukkan
posisi pemegang rekor saat ini sebagai ras hasil untuk memungkinkan pemirsa
untuk membandingkan ras saat ini untuk kinerja terbaik . Contoh lain termasuk
hoki pelacakan keping dan penjelasan kinerja mobil balap dan snooker bola
lintasan .
Augmented reality mulai
memungkinkan pemirsa TV Next Generation untuk berinteraksi dengan program
mereka mengawasi . Mereka dapat menempatkan benda ke dalam program yang ada dan
berinteraksi dengan benda-benda ini , seperti memindahkan mereka di sekitar .
Avatar orang nyata secara real time yang juga menonton program yang sama .
Nah itu dia para pembaca setia definisi dari Augmented Reality. Aplikasi ini hanya untuk gadget yang berbasis Android loh minimal Android Versi 4.0 (Icecream Sandwich). Jadi sudah banyak nihh sobat sekarang ini undangan tidak perlu memakai undangan yang biasa maksudnya adalah undangan ini sendiri hanya berupa kertas seperti brosur biasa tetapi memakai sensor gerak dari Augmented Reality ini sendiri, anda semua juga bisa mencoba untuk membuat undangan yang saya maksud.
Oke cukup sekian yang bisa saya posting kan kali ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua
Wassalamualikum Wr,Wb
Sumber : http://www.wikipedia.org
No comments:
Post a Comment